The Life-Changing Magic of Tidying Up - Beres-beres Dengan Metode KonMari

by - Juli 08, 2017


Belakangan, saya merasa kamar saya penuh banget, sampe pusing liatnya..hohoho... Mau nyimpen baju yang habis di setrika kok lemarinya penuh gitu. Trus beli buku baru mau disimpen di rak udah ga ada space akhirnya nyimpen bukunya ditumpuk, ga diberdirikan. Mau pake meja lipat buat nulis sambil ngampar di lantai, tapi meja lipatnya malah dipake nyimpen barang-barang. Terus jadi kepikiran kayaknya saya terlalu banyak menumpuk barang deh ini. Btw kamar saya ga kayak kapal pecah juga sih sebenernya, tapi kayak penuh banget aja gitu #membela diri. Akhirnya saya bacalah buku The Life-Changing Magic of Tidying Up ini, karena baca review-review katanya cara beberes yang disampaikan dalam buku ini bisa membantu pembaca untuk lebih rapi.

The Life-Changing Magic of Tidying Up ditulis oleh Marie Kondo, yang berprofesi sebagai konsultan berbenah di Jepang. Ternyata ada ya profesi konsultan berbenah...hehehe... Klien beliau banyak lho, dan buku ini merangkum cara-cara berbenah yang diajarkan kepada para kliennya. Dalam buku ini, Marie Kondo juga bercerita bahwa dari kecil beliau sudah terobsesi dengan beres-beres dan kerapian, serta telah mencoba berbagai metode untuk berbenah yang efektif, sampai akhirnya menemukan sebuah metode yang dinamai sesuai namanya, yaitu metode KonMari. Metode ini telah dipraktekkan oleh klien-kliennya dan mereka tidak kembali ke kebiasaan berantakan. Kalau saya kan merasa sering beberes kamar, tapi kok ujung-ujungnya berantakan lagi, rapi nya ga bertahan lama gitu. Makanya penasaran apakah metode KonMari ini cukup ampuh untuk konsisten menjaga kerapihan.

Metode KonMari tidak menyarankan kita untuk berbenah sedikit-sedikit alias menyicil, tapi berbenah sekaligus dan berdasarkan kategori, bukan berdasarkan lokasi. Ini juga diluar kebiasaan saya sih, biasanya saya kalo beberes ya berdasarkan tempat, misal pertama lemari baju dulu, terus meja, terus rak buku, dst. Ternyata menurut KonMari, cara tersebut kurang efektif. Sebaiknya, berbenah dilakukan berdasarkan kategori dengan urutan sebagai berikut: pakaian - buku - kertas - komono (pernak-pernik) - benda-benda bernilai sentimental. Pakaian di urutan pertama karena lebih cepat dipilih, kalau kita mulai dari benda-benda bernilai sentimental semacam buku diary jaman sekolah, pasti beberesnya ga selesai-selesai karena kelamaan baca diary-nya dan mengenang barang sentimental tersebut. Barang-barang dengan kategori yang sama dikumpulkan di satu tempat kemudian dipilah mana yang mau tetap disimpan, mana yang akan direlakan. Menurut KonMari, kita harus memegang barang-barang tersebut dan memutuskan apakah benda tersebut membangkitkan kegembiraan (spark joy) atau tidak. Kalau benda tersebut membangkitkan kegembiraan, maka benda itu boleh disimpan. Kalau tidak, sebaiknya benda tersebut direlakan saja, entah disumbangkan atau justru dibuang. Tentunya ini tidak berlaku untuk dokumen-dokumen penting yang memang harus disimpan.

Waktu saya kumpulin semua baju di lantai, sempet kaget kok baju saya banyak juga ya, tapi banyak yang udah lama ga dipake. Entah karena udah ga muat atau emang sebenernya saya ga terlalu suka sama baju tersebut, yang artinya baju tersebut tidak membangkitkan kebahagiaan. Ya kalo saya pake baju tersebut jatohnya jadi kurang pede juga kan karena ga suka. Kaos kaki, tas, dan sepatu juga termasuk dalam kategori pakaian, sehingga harus dibereskan pertama. Setelah disortir, ternyata banyak juga baju yang saya putuskan tidak akan disimpan lagi. Dulu sempet sayang mau ngelepas baju-baju kemeja yang dulu dipake buat kerja, tapi sekarang di kantor saya ada peraturan baju seragam kerja sehingga jarang ada kesempatan buat pake kemeja-kemeja tersebut. Daripada menuhin lemari dan ga bermanfaat, ya mending dikasihin ke orang lain yang membutuhkan atau dijual di pasar kaget lol. Pakaian tersebut mungkin akan lebih bermanfaat di tangan orang lain daripada hanya disimpan saja dan ga dipake. KonMari juga menyarankan untuk menggunakan lemari berlaci yang biasanya memang dipakai di rumah-rumah di Jepang untuk menyimpan pakaian, dan menyimpan pakaian dengan dilipat dan disusun secara vertikal, bukan ditumpuk secara horizontal seperti yang selama ini banyak dilakukan. Berhubung saya ga punya lemari berlaci buat nyimpen baju, saya pakai keranjang kecil (niat dong beli di Daiso PVJ lol) buat nyimpen kaos dan pakaian sehari-hari, terus keranjangnya saya masukin di lemari. Kalo baju formal sih tetep saya gantung di lemari pake hanger. Cara melipat baju ini ga ada gambarnya di buku, tapi videonya banyak kok di Youtube. Saya ngerasa cara saya emang ribet sih pake keranjang segala. Tapi dengan gitu saya pake bajunya jadi ganti-ganti, ga itu-itu aja. Kalo ditumpuk kan biasanya saya cenderung pake baju yang ada di tumpukan paling atas, alhasil baju yang baru disetrika langsung dipake lagi karena males ngambil baju di tumpukan di bawahnya soalnya bikin berantakan. Ini juga bikin baju-baju saya cepet pudar warnanya karena sering dicuci.

kaos yang disimpen di keranjang
Setelah beresin baju, lanjut ke kategori berikutnya yaitu buku. Saya kumpulkan lah buku-buku saya yang nyebar di rak, lemari susun, dan di atas lemari baju. Ternyata buku saya banyak dong, ga nyangka kalo dikumpulin semua bakal sebanyak itu. Malah ada juga buku yang belum dibaca sampe habis karena berbagai alesan, mulai dari males, atau emang pas dibaca bukunya kurang menarik. Selama ini saya simpen aja karena mikirnya kapan-kapan juga bakal dibaca. Tapi ya ujung-ujungnya ga dibaca juga sih. Dan menurut KonMari "kapan-kapan" itu berarti "takkan pernah", dan sebaiknya buku-buku yang seperti itu ya ga usah disimpen karena selain membuat ruangan penuh juga ga bermanfaat. Dulu saya pikir akan terus menyimpan buku-buku yang hits seperti novel Perahu Kertas, Percy Jackson, dll karena bisa dibaca lagi. Tapi selama ini sih buku-buku itu setelah selesai dibaca ya disimpen aja selama bertahun-tahun ga pernah dibaca ulang. Akhirnya saya pilih buku-buku yang saya suka dan yang emang bermanfaat untuk dibaca lagi. Sisanya ya direlakan saja. Daripada disimpen dan berdebu, mungkin buku-buku tersebut bisa menjadi sumber ilmu buat orang lain. Selain buku, saya juga punya majalah-majalah lama. Malah ada majalah Kawanku dan Animonster tahun 2003. Ternyata 7 tahun lalu saya juga punya majalah Super Junior dong....hahaha.... Majalahnya saya simpen beberapa yang emang isinya saya suka, seperti Cinemagz edisi Harry Potter, dan beberapa majalah Animonster, kalo majalah remaja mah isinya udah ga relevan sama saya sekarang, jadi udahlah dikilo aja mendingan.

buku yang mau dipilah
majalah Animonster yang dulu belinya banyakan nyari  edisi lama yang di diskon...hehehe...
Selanjutnya, saatnya memilah kertas (seperti dokumen, surat, brosur, dll), komono atau pernak-pernik (CD/DVD, kosmetik, alat tulis, dll), dan barang bernilai sentimental seperti foto, dan lainnya. Saat memilah ini saya menghasilkan banyak sampah, 10 keresek ada kayaknya. Ternyata di lemari dan laci saya banyak benda-benda yang sebenernya ga perlu disimpan. Ada slip gaji beberapa tahun lalu, kosmetik kadaluarsa, berkas-berkas waktu melamar pekerjaan, sampai kemasan barang ga dibuang karena lucu aja gitu. Setelah dibuang, lemari saya jauh lebih lowong, sehingga bisa dipakai untuk menyimpan tas dan barang-barang lainnya yang sebelumnya disimpan di lantai. Awalnya ada perasaan sayang untuk membuang barang-barang tersebut, karena banyak kenangan yang tersimpan disana, semacem buku tugas ospek, catatan waktu kuliah, hasil ujian, kartu rencana studi, dan banyak lagi. Tapi kalau disimpan pun buat apa kan. Lagipula dengan membuang barang tersebut, bukan berarti kita melupakan kenangan-kenangan tersebut (ini kata KonMari sih...hahaha...). Lagian masih ada booklet SMA, foto kelas, foto angkatan, dan buku diary yang bisa mengingatkan pada teman-teman sekolah, kuliah, atau teman-teman di tempat kerja yang dulu (daripada nyimpen slip gaji untuk kenangan saya pernah kerja di tempat tersebut kan mending liat foto atau name tag...hahaha...). Intinya barang kenangan ini saya simpen seperlunya aja.

Kalau dirangkum, berbenah dengan metode KonMari ini kurang lebih caranya adalah :
  1. Memilih barang yang membangkitkan kebahagiaan (spark joy) untuk disimpan dan menyingkirkan barang yang tidak membangkitkan kebahagiaan
  2. Menyimpan barang dengan kategori yang sama di tempat yang sama
  3. Mengembalikan barang yang sudah dipakai ke tempat semula
KonMari juga menganjurkan untuk mengucapkan terima kasih kepada barang-barang yang akan kita relakan. Memang kesannya berlebihan, bilang terima kasih kok ke barang, tapi intinya sih ini semacem bentuk bersyukur atas segala hal yang telah terjadi dan dilewati bersama dengan barang-barang tersebut. Bahwa bersama barang-barang tersebut kita telah menjalani banyak hal, dari yang menyenangkan sampai yang harus berjuang #eaaa baper. Buku ini juga membahas perspektif lain dari beres-beres, bahwa ruangan yang rapi bisa membawa dampak positif bagi kita. Btw saya butuh waktu 2 hari buat membereskan kamar saya, malah sampe lewat tengah malem baru selesai. Padahal kamar saya ga besar-besar banget. Setelah dibereskan, kamar saya jadi lebih lowong, saya jadi bisa nyimpen tas di lemari, buka laptop sambil ngampar di lantai pake meja lipat, dan kelihatan lebih bersih. Setelah sebulan lebih sih masih konsisten rapinya, semoga aja ke depannya bisa konsisten ga berantakan lagi...hehehe... Sekarang juga saya mikir-mikir kalo mau beli buku, takut ujung-ujungnya ga dibaca dan menuhin tempat, soalnya capek sih beresinnya lol.

The Life-Changing Magic of Tidying Up ini bisa dibaca terutama buat yang memiliki masalah kerapihan atau suka numpuk barang. Banyak tips-tips yang bermanfaat untuk berbenah di buku ini. Memang ada hal-hal yang saya rasa agak berlebihan, tapi ya udahlah ya ga usah diikutin, dipraktekin yang dirasa perlu aja.

Selamat beberes :)

Kertas ujian waktu kuliah, sebelum dibuang difoto dulu :)
Super sekali tulisan dibawahnya kan??

You May Also Like

0 komentar